PESAN JURNAL KLIK SINI
....................................................................................................................................

Selasa, 17 Juli 2012

ANALISIS GRADIEN KEPADATAN PENDUDUK DAN KONSUMSI BBM


Oleh : Mudjiastuti Handajani
Jurusan Teknik Sipil Universitas Semarang (USM) Jl. Sukarno Hatta, Tlogosari, Semarang, telp: 081390959909, email: hmudjiastuti@yahoo.co.id

Abstrak : Salah satu butir tantangan dalam transportasi berkelanjutan (sustainable transportation), adalah kegiatan mobilitas yang melindungi sumber/urban resource conserving mobilit. Analisis gradien adalah salah satu metode untuk membandingkan pola trend (kecenderungan) dari beberapa lokasi dengan mengamati tingkat kemiringan garis yang menghubungkan antara dua buah variabel. Dalam penelitian ini analisis gradien digunakan untuk mengamati hubungan linear antara variabel kepadatan penduduk dan konsumsi premium. bahwa kemiringan garis (gradient) hubungan linear antara kepadatan penduduk dan konsumsi BBM memiliki pola yang relative sama, yaitu kemiringan rendah di kota sedang dan kemiringan tinggi di kota metropolitan. Kota sedang dengan jumlah penduduk yang rendah (30% dari seluruh penduduk kota yang diteliti) dan kepadatan rendah maka konsumsi BBM meningkatnya rendah, sedangkan kota metropolitan jumlah penduduk tinggi (70%) dan kepadatan tinggi pula, akan meningkatkan konsumsi BBM pertahun kota – kota di Jawa.

Kata Kunci: konsumsi BBM, analisis gradient, kepadatan penduduk.

Abstract : One of challenges of sustainable transportation is a mobile activity that protects the soure of urban resource conserving mobility. Gradient analysis is one of the methods to compare trend pattern from several locations by observing the level of line declivity which is bridging two variables. In the research, gradient analysis is used to observe linear relation between variable of people density and premium necessity. Gradient line declivity of linear relation variable of people density and premium necessity. Gradient line declivity of linear relation between of people density and fuel consumption has a relatively-the- same pattern, that is, low declivity in middle town and high declivity in metropolitan cities. Middle town with less number of people (30% of all town people researched) and low density, so fuel necessity increases a bit. Meanwhile metropolitan cities with large number of people (70%) and the high density will increase fuel consumption of towns around Java every year.

Keywords: gradient analysis, fuel consumption, people density
order artikel


Bagikan konten ini melalui social media ...