PESAN JURNAL KLIK SINI
....................................................................................................................................

Selasa, 17 Juli 2012

HUBUNGAN ANTARA HOURLY FLOW DENGAN KECELAKAAN: KASUS JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK


Oleh : Bambang Haryadi dan Alfa Narendra
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES) Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229, Telp. 024-8508102, E-mail: haryaba@yahoo.com

Bambang Riyanto
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (UNDIP) Jl. Hayam Wuruk No. 5 Semarang 50241, Telp. 024-8311802, E-mail: bb_riyanto@yahoo.com

Abstrak : Model prediksi kecelakaan merupakan kuantifikasi hubungan antara kecelakaan yang terjadi pada suatu lokasi dengan faktor-faktor yang berpengaruh pada waktu itu. Model prediksi dapat memberi gagasan bagaimana masing-masing variabel tersebut berkontribusi menyebabkan kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model prediksi kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan tol dengan berdasarkan volume lalu lintas per jam (hourly traffic flow). Analisis secara mikroskopik dengan menggunakan volume lalulintas per jam sebagai variabel bebas menunjukkan bahwa hubungan antara besarnya frekuensi kecelakaan dengan volume lalulintas per jam berbentuk eksponensial bertingkat. Sampai dengan nilai volume lalulintas 700 kendaraan/jam hubungan frekuensi kecelakaan dengan volume lalulintas per jam dapat dinyatakan dengan fungsi eksponensial positif, sedangkan di atas nilai volume lalulintas 700 kendaraan/jam hubungannya dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi eksponensial negatif. Hal ini berlaku baik untuk kecelakaan total, tunggal, maupun jamak.

Kata Kunci: model prediksi kecelakaan, kecelakaan jalan tol, arus lalulintas per jam.

Abstract : Accident prediction models is related to the quantification of the relationship between accidents that occured at certain location with factors that influence it at a particular time. The models could provide ideas how each variable contributes to the accident that occured at a particular location. The purpose of the strudy was to develop toll road accident prediction models by considering hourly traffic flow. Microscopic analysis result shows that the relationship between accident frequency and hourly traffic can be represented by exponensial step-functions. Up to 700 vehicle/hour accident frequency increases exponentially, then it decreases exponentially as traffic flow increases furthermore. This trend was common for total, single-vehicle, and multi-vehicle accidents.

Keywords: accident prediction models, toll road accident, hourly traffic flow.
order artikel


Bagikan konten ini melalui social media ...